Jokowi: Santri Harus Siap Hadapi Persaingan Bebas

By Admin

nusakini.com--Presiden Joko Widodo menegaskan sebagai salah satu aset bangsa, para santri harus belajar untuk menghadapi kompetisi bebas sekaligus memenangkan persaingan tersebut. 

"Saat ini merupakan era persaingan. Persaingan bukan hanya antarindividu, daerah atau provinsi, tetapi negara," katanya pada perngatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Asrama Perguruan Islam Ponpes Tegalrejo di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2016 malam. 

Jokowi mengatakan mulai awal Januari telah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dikuti oleh 11 negara. Melalui MEA tersebut negara tidak ada batasnya, masyarakat di sejumlah negara tersebut boleh bekerja dan melakuan perdagangan secara bebas. "Dengan kondisi tersebut, persaingan itu tidak bisa ditolak lagi, karena 10 tahun lalu sudah ditandatangani. Tantangan itu harus dihadapi dan kita harus siap," katanya. 

Pada kesempatan itu, Jokowi memberi apresiasi kepada para pengasuh ponpes. "Ternyata para santri di sini sudah disiapkan untuk menjadi wirausahawan, pedagang yang baik dan pegawai yang profesional," tutup Jokowi. (ab)